Organisasi
Pendaftaran KTA

PROSES PENDAFTARAN ANGGOTA GAPENSI

(1)  Proses pendaftaran permohonan Anggota GAPENSI dilakukan sebagai berikut :

(a)  Pengambilan formulir isian permohonan Anggota GAPENSI.

(b)  Pengembalian dokumen berupa formulir isian sebagaimana dimaksud pada huruf (a) di atas serta melampirkan data pendukung badan usaha pemohon.

(c)  Verifikasi dan Validasi dokumen sebagaimana dimaksud pada huruf  (b).

(d)   Menyerahkan hasil verifikasi dan validasi kepada BPD GAPENSI Provinsi Jawa Timur untuk diproses regsitrasinya.

(2)   Badan Usaha Calon Anggota GAPENSI yang untuk pertama kalinya mengajukan permohonan Anggota GAPENSI harus menyerahkan data badan usaha secara lengkap dengan mengisi formulir isian sebagaimana pada Lampiran 2. dan Lampiran 3., dilengkapi lampiran yang memuat data badan usaha yang terdiri atas :

(a)  Akte Pendirian Perusahaan dan perubahannya.

(b)  Pengesahan dari Menteri Kehakiman / pendaftaran di pengadilan negeri.

(c)  Domisili Perusahaan

(d)  Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

(e)  Neraca Keuangan Perusahaan 

(3)  Penyelenggaraan proses pendaftaran dan Registrasi Anggota GAPENSI sesuai dengan Petunjuk Teknis (JUKNIS) ini,  dilaksanakan  dalam  waktu  paling  lama 30 (tiga puluh) hari hari kerja terhitung sejak seluruh kelengkapan permohonan dapat dipenuhi.

KELENGKAPAN BERKAS PENDAFTARAN

ANGGOTA BIASA GAPENSI

(1) Setiap Anggota Biasa GAPENSI hanya dapat memiliki satu KTAB, dimana KTAB tersebut hanya diberikan kepada Badan Usaha yang melakukan pendaftarannya melalui BPC GAPENSI Kabupaten/Kota setempat yang kemudian diteruskan kepada BPD GAPENSI Provinsi Jawa Timur, dengan telah memenuhi ketentuan dan persyaratan  sebagai berikut :

1.1.   Mengajukan Surat Permohonan secara tertulis untuk menjadi Anggota Baru (PERMOHONAN BARU, d/h REGISTRASI) atau REGISTRASI ULANG (d/h HERREGISTRASI) seperti contoh formulir pada LAMPIRAN 7.

1.2.  Permohonan Pendaftaran Keanggotaan (baik Permohonan Baru (Registrasi) maupun Regitrasi Ulang) harus diisi lengkap dan benar sesuai data Perusahaan yang bersangkutan, ditandatangani dan distempel Perusahaan, kemudian diketahui oleh Ketua BPC GAPENSI atau Pengurus BPC GAPENSI yang ditunjuk, sekaligus bertanggungjawab atas kebenarannya. BPC GAPENSI Kabupaten/Kota berwenang penuh melakukan penelitian lapangan atas kebenaran data permohonan dimaksud dan wajib memberikan “Catatan Komentar” (apabila ada kesalahan ketidakbenaran data dimaksud) untuk diteruskan kepada BPD GAPENSI Provinsi Jawa Timur bersamaan dengan penyampaian Surat Permohonan Keanggotaan yang bersangkutan.  BPD GAPENSI Provinsi Jawa Timur nantinya akan memutuskan apakah permohonan yang bersangkutan menjadi Anggota GAPENSI Tahun 2010 dapat “diterima” atau “ditolak” dan ditindaklanjuti uploading-nya ke STI GAPENSI.

1.3. Pengisian LAMPIRAN yang tidak lengkap, sebagaimana diminta pada ayat 1.2. Petunjuk Teknis ini, tidak akan diproses permohonannya oleh BPD GAPENSI Provinsi Jawa Timur atau ditunda uploading-nya ke STI GAPENSI

1.4. Setiap Anggota GAPENSI yang mengajukan permohonan ke BPC GAPENSI Kabupaten/Kota setempat harus melampirkan bukti setor asli pembayaran / transfer dana ke Nomor Rekening yang ditentukan oleh BPC GAPENSI yang bersangkutan pada Kantor Cabang BANK JATIM di seluruh Provinsi Jawa Timur, yang terdiri dari :

1.4.1. Uang Pangkal (khusus bagi Anggota Baru / PERMOHON BARU / REGISTRASI )

1.4.2. Uang Iuran Anggota Bulanan yang harus dibayar selama 1(satu) tahun.

Sesuai tarif Permohonan Baru dan Registrasi Ulang Anggota GAPENSI yang sudah ditetapkan pada table-tabel pada [LAMPIRAN 1], [LAMPIRAN 2], [LAMPIRAN 3], [LAMPIRAN 4], dan [LAMPIRAN 5].

1.5. Persyaratan PERMOHONAN BARU ( d/h HERREGISTRASI ) bagi Anggota BIASA GAPENSI harus melampirkan foto copy yang dilegalisir serta ditandatangani oleh KETUA BPC GAPENSI KABUPATEN/KOTA setempat, terdiri sebagai berikut :

1.5.1. Surat Permohonan (contoh formulir pada [LAMPIRAN 7])

1.5.2. Pengisian Formulir PERMOHONAN BARU ANGGOTA BIASA GAPENSI TAHUN 2010 (d/h REGISTRASI) Contoh formulir pada [LAMPIRAN 8].

1.5.3. Foto copy Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

1.5.4. Foto copy Akta Pendirian Perusahaan Berbadan Hukum dari Notaris beserta Akta Perubahannya (apabila memang terjadi perubahan akta perusahaan yang bersangkutan).

1.5.5. Foto copy Surat Keterangan Domisili Perusahaan yang dikeluarkan oleh Kepala Desa / Kepala Kelurahan setempat.

1.5.6. Surat Pernyataan belum memiliki Sertifikat Badan Usaha Jasa Pelaksana Konstruksi (bagi Badan Usaha yang belum pernah memiliki SBUPJK) – contoh LAMPIRAN 14.

1.5.7. Pas Foto Pimpinan Perusahaan ukuran 3 X 4 = 2(dua) lembar (dalam hal ini pas foto terbaru dan berwarna).

1.5.8. Lampiran-lampiran lainnya, yang berkaitan dengan pendirian / keberadaan Perusahaan yang bersangkutan (foto copy surat-surat / dokumen terkait)

1.5.9. Bukti Pembayaran / Transfer dari BANK JATIM (sesuai Pasal 2. Ayat 1. Butir 1.4. JUKNIS ini, sebanyak rangkap dua.

1.5.10. Berkas Permohonan Pendaftaran tersebut pada butir 1.5.1 s/d 1.5.10 ini, dijilid / dibukukan sebanyak 1(satu) buah untuk setiap pengajuan akan dikoordinasikan dan diteruskan kepada BPD GAPENSI Provinsi Jawa Timur oleh BPC GAPENSI Kabupaten/Kota yang bersangkutan.

1.6. Persyaratan REGISTRASI ULANG (dahulu disebut HERREGISTRASI) bagi Anggota BIASA GAPENSI harus melampirkan foto copy yang dilegalisir serta ditandatangani oleh KETUA BPC GAPENSI KABUPATEN/KOTA setempat, terdiri sebagai berikut :

1.6.1. Surat Permohonan (contoh formulir pada LAMPIRAN 7 )

1.6.2. Pengirian Formulir REGISTRASI ULANG ANGGOTA BIASA GAPENSI 2010, Contoh formulir pada LAMPIRAN 9.

1.6.3. Foto copy Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

1.6.4. Foto Copy KTA GAPENSI Tahun 2010

1.6.5. Foto Copy SBUJK tahun 2010 atau Leges SBUJK Tahun 2010

1.6.6. Pas Foto Pimpinan Perusahaan ukuran 3 X 4 = 2(dua) lembar (dalam hal ini pas foto terbaru dan berwarna).

1.6.7. Bukti Pembayaran / Transfer dari BANK JATIM (sesuai Pasal 2. Ayat 1. Butir 1.4. JUKNIS ini, sebanyak rangkap dua.

1.6.8. Berkas Permohonan Pendaftaran tersebut pada butir 1.5.1 s/d 1.5.10 ini, dijilid / dibukukan sebanyak 1(satu) buah untuk setiap pengajuan akan dikoordinasikan dan diteruskan kepada BPD GAPENSI Provinsi Jawa Timur oleh BPC GAPENSI Kabupaten/Kota yang bersangkutan.

1.7. Apabila terjadi perubahan data Badan Usaha Anggota GAPENSI, maka diharapkan dapat melampirkan foto copy perubahan dokumen dimaksud, antara lain misalnya : Akta Pendirian Perusahaan Berbadan Hukum dari Notaris beserta Akta Perubahannya, Surat Keterangan Domisili Perusahaan yang dikeluarkan oleh Kepala Desa / Kepala Kelurahan setempat, dan lain-lain..

1.8. Apabila data pengujian Permohonan mengajuan KTA GAPENSI Tahun 2011, baik REGISTRASI atau HERREGISTRASI, dinilai masih terdapat keraguan kebenarannya, maka BPD GAPENSI Provinsi jawa Timur berhak meneliti dan mengecek kembali kebenaran data yang diajukan dari setiap Perubahaan yang bersangkutan.

1.9. Berkas-berkas Pengajuan/Permohonan KTAD GAPENSI Tahun 2011, baik dari para Anggota maupun Calon Anggota GAPENSI yang berisi dokumen persyaratan yang diperlukan sebagaimana tercantum dalam Pasal 11, JUKNIS ini, akan dikoordinasikan secara kolektif oleh BPC GAPENSI Kabupaten/Kota setempat dan selanjutnya secara berkala/bertahap akan diteruskan kepada BPD GAPENSI Provinsi Jawa Timur untuk diproses lebih lanjut.

1.10. Setiap tahapan Pngajuan dan Penyerahan berkas-berkas Permohonan KTA GAPENSI tahun 2010, baik dari para Anggota maupun Calon Anggota GAPENSI kepada BPD GAPENSI Provinsi Jawa Timur harus dilengkapi dengan SURAT PENGANTAR dari BPC GAPENSI Kabupaten/Kota setempat yang ditandatangani oleh Ketua dan Sekretaris BPC GAPENSI Kabupaten/Kota atau Pengurus BPH BPC GAPENSI yang diberi wewenang (contoh formulir Surat Pengantar BPC GAPENSI Kabupaten/Kota pada [LAMPIRAN 15] ) – JUKNIS dan dilkampiri sebagai berikut :

1.10.1. Rekapitulasi Anggota yang mengajukan KTAB GAPENSI Tahun 2010, baik Registrasi maupun Herregistrasi dan Perhitungan Keuangannya, seperti contoh formulir pada [LAMPIRAN 16].

1.10.2. Bukti Pembayaran / Transfer Asli BPC GAPENSI Kabupaten/Kota yang bersangkutan, dari BANK JATIM ke Rekening Nomor : 001.10.2857.7 atas nama BPD GAPENSI Jawa Timur di BANK JATIM CABANG UTAMA SURABAYA.

1.10.3. Bagi setiap berkas permohonan KTAB dari masing-masing Anggota setebal yang ditentukan dalam Pasal 11. Ayat 1 butir 1.5.10. untuk PERMOHONAN BARU (d/h REGISTRASI) dan Pasal 11 Ayat 1. butir 1.6.11 untuk REGISTRASI ULANG (d/h HERREGISTRASI) – JUKNIS ini.

1.11. Berkas-berkas permohonan KTAB GAPENSI tahun 2011 dari para Anggota yang disertai Surat pengantar dari BPC GAPENSI dan bukti Pembayaran / Transfer Ali perlu diserahkan kepada BPD GAPENSI Provinsi Jawa Timur c.q. Bagian Registrasi/Herregistrasi & Database Keanggotaan GAPENSI Jawa Timur untuk diperiksa dan diproses sebagaimana mestinya berdasarkan ketentuan yang berlaku.

1.12.  Kewajiban untuk membayar Uang Iuran untuk jangka waktu berlakunya KTAB GAPENSI tahun 2011 pada tanggal 1 Januari 2011 sampai dengan 31 Desember 2011, harus tetap dipenuhi untuk 1(satu) tahun, walaupun Anggota Biasa tersebut melakukan Registrasi pada bulan apapun dalam Tahun 2011, mengingat proses Registrasi Keanggotaan GAPENSI Tahun 2011 ini dilakukan sepanjang tahun berjalan.    

1.13. BPD GAPENSI Provinsi Jawa Timur akan melakukan evaluasi secara berkala dan seksama terhadap pelaksanaan Registrasi Keanggotaan GAPENSI Tahun 2011 yang dilakukan melalui BPC GAPENSI Kabupaten / Kota se-Jawa Timur

 

KELENGKAPAN BERKAS PENDAFTARAN

ANGGOTA LUAR BIASA GAPENSI

 (1)  Setiap Anggota Luar Biasa GAPENSI hanya dapat memiliki satu KTALB, dimana KTALB tersebut hanya diberikan kepada Badan Usaha yang melakukan pendaftarannya melalui BPC GAPENSI Kabupaten/Kota setempat yang kemudian diteruskan kepada BPD GAPENSI Provinsi Jawa Timur, dengan telah memenuhi ketentuan dan persyaratan  ditetapkan.

(2) Pada prinsipnya kelengkapan berkas dan proses permohonan Registrasi, baik untuk  Permohonan Baru (d/h REGISTRASI) atau dalam Bahasa Inggrisnya “NEW MEMBER REGISTRATION” maupun REGISTRASI ULANG (d/h HERREGISTRASI) sama dengan Anggota Biasa dan tinggal menyesuaikan formulir dan persyaratan yang ada.

(3)  Untuk PERMOHONAN BARU (d/h REGISTRASI) Anggota Luar Biasa dapat dilihat pada formulir “NEW MEMBER REGISTRATION Special Board 2010” pada LAMPIRAN 11.  Sedangkan untuk REGISTRASI ULANG (d/h HERREGISTRASI) Anggota Luar Biasa dapat dilihat pada formulir “RE-REGISTRATION GAPENSI Special Board 2010”pada LAMPIRAN 10.

Tim Registrasi BPD GAPENSI Provinsi Jawa Timur akan meneliti secara seksama berkas permohonan dan persyaratan yang terkait dengan Registrasi Anggota Luar Biasa GAPENSI, baik PERMOHONAN BARU (d/h REGISTRASI) maupun REGISTRASI ULANG (d/h HEREGISTRASI) dan memberikan keputusan terkait hal tersebut.  Selanjutnya, akan ditindaklanjuti oleh upload data ke STI GAPENSI  di BPP GAPENSI.