Berita Organisasi
Gapensi Jatim Siap Gelar Pelatihan SMK3 Konstruksi
28 Juni 2011 20:23 WIB
Atikel Terkait

www.gapensijatim.org, Surabaya - Badan Pengurus Daerah Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (BPD Gapensi) Provinsi Jawa Timur siap melaksanakan pelatihan/bimbingan teknis Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) sektor Konstruksi yang akan digelar pada 30 Juni hingga 2 Juli 2011, di Graha Gamana Krida Bhakti Jawa Timur.

Ketua Panitia Pelaksana Daerah Pelatihan/Bimbingan Teknis SMK3 Konstruksi Jatim, Drs. Yoyok Wardoyo menegaskan hal tersebut seusai rapat terakhir persiapan pelaksanaan, Selasa (28/6) di ruang rapat kantor BPD Gapensi Jatim. "Secara teknis maupun non teknis kita sudah siap," kata Yoyok.

Dijelaskan, pelaksanaan pelatihan tersebut merupakan amanah dari BPP Gapensi sebagai realisaSI dari program kerjasama antara BPP Gapensi dengan PT Jamsostek bersama Kementerian Pekerjaan Umum Republik Indonesia. Dalam kerjasama tersebut ditetapkan bahwa pelatihan/bimbingan teknis SMK3 Konstruksi akan dilaksanakan di lima provinsi termasuk di Jatim (tahap II).

"Jadi program ini adalah program pusat dimana semua kebutuhan, baik narasumber maupun finansial mendapat support sepenuhnya dari BPP Gapensi bersama-sama dengan mitra kerjanya," urai Yoyok didampingi wakil ketua panitia, Ir. Zaim Budi Santoso.

Pelatihan/Bimbingan Teknis ini, lanjut Wakil Ketua Umum III BPD Gapensi itu, digratiskan untuk 60 pelaku usaha jasa konstruksi anggota Gapensi di Jatim. Usai pelatihan para peserta akan memperoleh sertifikat telah mengikuti pelatihan/bimbingan teknis SMK3 Konstruksi dari Kementerian PU dan Kementerian Tenaga Kerja.

"Namun jika peserta menginginkan sertifikat keahlian atau sertifikat Ahli Muda SMK3 Konstruksi yang berstandar nasional, peserta harus menambah jadwal pelatihan sehari dan mengikuti ujian yang akan dilaksanakan oleh Asosiasi Analis Keselamatan dan Kesehatan Kerja Konstruksi (A2K4).

Untuk itu peserta dikenakan biaya sebesar Rp 2,750 juta/peserta," urai Yoyok.Ditempat yang sama, Ketua Umum BPD Gapensi Jatim, Ir. H. Muhammad Amin mengatakan, keahlian di bidang keselamatan dan kesehatan kerja sektor konstruksi merupakan faktor penting dalam setiap pelaksanaan pekerjaan konstruksi.

"ini mengingat pekerjaan konstruksi sebagai sebuah pekerjaan yang memiliki resiko tinggi. Karenanya saya berharap setiap pelaku usaha jasa konstruksi anggota Gapensi Jatim, memahami betul masalah penanganan dan pengendalian keselamatan dan kesehatan kerja sektor konstruksi," tutupnya.(ean)



(Administrator)


 

Komentar untuk Berita ini :

SALIM NOVEL pada 16-07-2011 :
KAPAN PENDAFTARANNYA DIMULAI PAK ?

Posting Komentar Anda
Nama :
Email :
Komentar :
Kode Keamanan :